Welcoming 2021 with Covid-19 #2

Sunday, January 24, 2021


Melanjutkan cerita di part 1, part 2 ini adalah tentang apa aja rutinitas yang gue jalani selama karantina di Wisma Atlet dari tanggal 3 Jan 2021 sampai saat gue dinyatakan negatif dan bisa menulis cerita ini.


Hari Pertama Masuk Wisma

Sedikit berbeda dari cerita kebanyakan orang yang mendapat lokasi isolasi di Kemayoran, saat itu gue dapat rujukan ke Wisma Atlet Pademangan Tower 8 yang lokasinya nggak begitu jauh dari wisma yang di Kemayoran, tapi tentunya dengan fasilitas dan treatment yang sama. Awal kedatangan setelah registrasi dan pemeriksaan kesehatan, gue dijelaskan beberapa peraturan dan apa aja yang harus dan bisa gue lakukan selama di sana. Gue kemudian diantar oleh salah satu tim medis menuju kamar di lantai 12 yang ternyata sudah berpenghuni yang juga baru masuk di hari itu, namanya Jasmine, mahasiswi. Singkat melakukan perkenalan sebagai teman satu unit, gue kemudian mengabarkan keluarga dan beberapa teman sambil room tour ke berbagai sudut kamar. Gue tinggal di unit 27 yang terdiri dari 2 kamar tidur lengkap masing-masing dengan AC dan lemari, 1 kamar mandi dengan fasilitas water heater, 1 ruang tamu yang tentunya bukan untuk terima tamu (iyalah), 1 ruang yang terdiri dari dapur kecil dan tempat menjemur pakaian, plus fasilitas wifi yang tersedia di setiap unit. Selesai room tour, gue lanjutkan dengan unpack semua barang yang gue bawa, mandi, terus makan malam deh. Makanannya udah langsung bisa gue ambil di depan lift sebelum gue masuk ke unitnya karena kebetulan gue datang di waktu dimana makan malamnya baru aja sampai.

Pemandangan malam dari balkon tempat jemur baju di unit kamar.

Rutinitas Selama di Wisma

Grup Whatsapp -- Semua pasien akan diarahin untuk join grup Whatsapp sesuai dengan kategori lantai unitnya. Setiap hari, admin grup akan ngingetin peraturan-peraturan yang harus pasien patuhi, seperti jam yang diperbolehkan jika ada pengiriman paket, jam pengambilan paket, dll. Admin juga akan selalu kasih info jadwal pasien boleh keluar untuk olahraga pagi, ketersediaan makanan, jadwal pemeriksaan kesehatan, jadwal kepulangan, dll. Admin selaku call center kesehatan juga akan stand by kalau ada pasien yang butuh obat atau sekedar ingin konsultasi perkembangan kesehatannya via Whatsapp. Kita para pasien juga kadang saling kasih semangat dan informasi di grup, yang paling aktif sih udah pasti bapak-bapak sama ibu-ibu ya. Nyariin sapu aja kadang bisa bikin gue pengen nge-mute notif, maklum sapunya cuma satu tapi yang make selantai.

Makan dan minum -- Setiap hari, wisma selalu sediain makanan untuk pasien sebanyak 3x; pagi, siang, dan malam, plus tambahan snack di pagi harinya. Minuman juga selalu disediain berupa air mineral botol 600ml di setiap jam makan dan disediain juga satu dispenser per lantai. Makanan dan minuman itu akan di-drop oleh para petugas di depan lift tiap lantai. Nah, nanti pasiennya yang harus keluar ambil sendiri, jadi nggak dianter ke setiap unit. Itu juga yang bikin kita bebas milih, kalau misal saat jam makan itu kita masih kenyang atau lagi nggak pengen makan atau lagi ada kiriman makanan, kita boleh aja nggak ngambil makanan yang udah disediain wisma. Di sekitar hampir seminggu pertama, gue selalu berusaha untuk nggak makan selain makanan yang ada di sana dengan dua alasan. Pertama, makanan di sana selalu 4 sehat 5 sempurna, jadi gue yakin aja apapun menunya pasti itu asupan yang baik dan gue butuhkan saat itu. Kedua, seminggu pertama lidah gue masih belum bisa ngerasain apa-apa, jadi belum kebayang rasanya makanan-makanan enak. Gue bahkan menolak dulu kalau ada yang mau kirimin makanan, pending dulu aja sampe gue udah mulai bisa ngerasain dan mulai bosen sama makanan wisma. Nggak mau rugi hahahaha. Meskipun sebenernya makanan wisma not bad juga sih, enak-enak aja, menunya juga ganti-ganti.

Olahraga dan berjemur -- Selain makanan, di sana kita juga dikasih waktu setiap pagi untuk berjemur dan olahraga di halaman sekitar gedung. Lagi-lagi optional sih. Kalau mau ya monggo, kalau nggak juga nggak apa-apa, silahkan istirahat di kamar masing-masing. Sempet sekitar 3x selama di sana gue skip turun ke bawah karena hujan, sisanya selalu gue manfaatkan untuk jalan kaki di sekitar jam 8-9 pagi atau sekedar berjemur kalau lagi ada matahari. Kalau mau gerak yang lebih enerjik lagi, petugas di sana juga memfasilitasi senam aerobik di lantai 3 sekitar jam 6.45. Wow sungguh terlalu pagi dan pastinya gue nggak pernah ikut. So far, kegiatan di pagi hari ini yang bikin gue semangat selama isolasi. Kadang kalau bangun tidur dan gue lagi ngerasa males turun untuk olahraga, cuma dengan ngeliat pasien lain yang lagi pada jalan pagi aja udah bisa bikin gue pengen turun juga. Ngeliat mereka duduk berjemur aja otomatis bikin gue pengen keringetan juga. Vibes macam gini yang bikin gue bersyukur banget bisa isolasi di tempat yang memadai kayak begini. Setiap ketemu orang-orang yang lagi olahraga di bawah lengkap dengan masker dan tetap jaga jarak, bikin gue secara pribadi ngerasa kalau gue ini sama kayak masyarakat lain. Tubuh gue saat itu jelas lagi bawa virus yang bisa menularkan ke orang lain, tapi suasana di sana bikin gue dan pastinya pasien lain juga ngerasa diperlakukan sama kayak orang-orang pada umumnya. Bikin gue makin happy dan nggak ngerasa kayak lagi cosplay jadi virus berjalan.


Cuci baju -- Fasilitas unitnya sih boleh mirip apartemen, tapi tempat isolasi begini mah jelas mana ada laundry. Siapa juga yang mau nyuciin baju pasien yang lagi kena Covid terus bercampur sama baju pasien lain. Ya kan? Untungnya sebelum berangkat ke wisma, gue sempet nontonin beberapa video di Youtube tentang keseharian pemilik video selama karantina di Wisma Atlet. Mereka bilang kalau di sana akan disediain ember untuk kita nyuci sendiri. Jadi gue dari rumah udah siap sedia bawa sabun dan pewangi cucian, meskipun ternyata di tiap kamar udah disediain sabun cuci bubuk. By the way, karena space jemurannya nggak besar dan gue harus sharing juga sama kamar sebelah, gue jadi sangat menghindari yang namanya numpuk cucian. Biasanya gue nyuci tiap hari atau maksimal 2 hari sekali kalau lagi nggak banyak. Ya meskipun setiap harinya baju kotor gue nggak pernah sampe sebanyak apa juga sih. Mandi aja cuma sehari sekali tiap abis olahraga, sisanya nggak pernah keringetan karena AC nyala non stop, jadi fix banget ogah mandi dan ganti baju hehehe.

Screen time lagi dan lagi -- Kalau olahraga udah, berjemur udah, cuci baju udah, makan juga kan nggak tiap saat, terus mau ngapain lagi? Waktu masih panjang, 24 jam jadi lumayan terasa lebih lama. Bawa laptop niatnya buat sambil kerja dikit-dikit, tapi tim gue di kantor baik banget nggak ngasih kerjaan sama sekali katanya biar nggak capek dan bisa lebih banyak istirahat (luv). Udah tidur siang tapi kan tidurnya juga nggak yang bablas sampe pagi lagi. Yah mau ngapain lagi kalau bukan main game, netflix, youtube, chat, dan video call. Apalagi udah disediain si wifi labil yang kadang kenceng kadang enggak tapi tetap bisa di-Alhamdulillah-in dong daripada nggak ada sama sekali, amsyong kuota kita. Ditambah ya, gue sempet haid seminggu full selama di sana. Jadi makin berkurang lagi kegiatan yang bisa gue lakuin karena nggak bisa solat.

Paint paint paint! -- Tergemes di beberapa hari awal, salah dua temen gue, Icyn dan Imas, tanya mau dibeliin apa buat ngisi kegiatan gue selama karantina biar nggak bosen. Bingung gue pun mau ngapain belum kepikiran sampe ke situ. Akhirnya ditawarin, mau nggak dibeliin paint by number kit? Yes yes ok mau! Gue langsung pilih gambarnya dan sampailah paint kit itu sekitar satu atau dua hari berikutnya gue agak lupa. Sempet kaget dong gue pikir yang dateng beneran satu paket gambar yang gue pilih, ternyata dikirimin dua dengan gambar yang beda. Baik bangeeettt!! Kok bisa ya mereka mikirin gue beberapa langkah ke depan yang guenya sendiri aja nggak kepikiran untuk ngisi kegiatan sama hal-hal begini.



Dua Kali Minta Extend untuk Isolasi di Wisma

Hari ke hari gue isi dengan kegiatan yang tentunya itu-itu aja, sampai tibalah di tanggal yang udah dijadwalkan di awal, tanggal 11 Jan 2021 adalah waktunya gue pemeriksaan kesehatan untuk kepulangan besok. Seperti biasa cek saturasi dan tensi dan ditanya perkembangan kondisi gue saat itu. Tim medis di sana juga menginfokan bagi yang akan pulang besok, diusahakan agar nggak tergesa-gesa untuk langsung melakukan swab test, tapi lakukan dulu isolasi tambahan di rumah sekitar 3 hari untuk memastikan bahwa kondisinya benar-benar udah fit dan siap untuk diswab. Menurut peraturan baru (katanya) pihak wisma udah nggak lagi melakukan swab bagi pasien yang udah selesai isolasi. Entah peraturan ini berlaku hanya untuk pasien dengan KTP non-Jakarta atau seluruh pasien di Tower 8 atau justru seluruh pasien di Wisma Atlet. Jadi keputusan boleh pulang atau nggaknya dibalikin lagi ke kondisi pasien. Kalau pasien merasa selama isolasi kondisi udah jauh membaik dan bebas gejala, pasien akan diperbolehkan pulang, kalau belum yakin dan masih merasa butuh isolasi, pasien boleh minta perpanjangan waktu.

Nah, pilihan itulah yang akhirnya gue sampaikan ke tim medis di sana. Bukan karena belum bebas gejala, tapi anjuran yang tim medis sampaikan di awal yang bikin gue jadi ngerasa masih butuh tempat ini untuk isolasi. Pasien disarankan untuk nggak langsung melakukan swab test, tapi keluarga gue di rumah maunya gue pulang ke rumah sambil sudah melakukan swab. Jadi tinggal butuh isolasi lagi sehari untuk nunggu hasil tesnya nanti. Akhirnya gue minta extend beberapa hari supaya kalau gue keluar dari sini, pulangnya gue bisa sekalian swab test. Gue dikasih perpanjangan 3 hari sampai tanggal 15 Jan 2021

Setelah berhasil extend, sehari sebelum jadwal kepulangan, tanggal 14 jan 2021, seperti biasa pasien harus diperiksa lagi sebelum pulang. Semua hasilnya ok, bagus, cukup. Kondisi udah bebas gejala, saturasi di angka 99, dan tensi 100/85 (ok lah untuk ukuran penderita darah rendah). Semua kondisi memungkinkan untuk gue bisa pulang. Tapi terus ada suara dari orang di depan gue, tepatnya di meja regis kepulangan, yang menginspirasi gue untuk memperpanjang lagi kepulangan besok. Dia lagi ceritain kondisinya ke petugas medis tentang schedule penerbangannya dan minta perpanjangan hari supaya ketika dia keluar dari wisma dia bisa langsung menuju airport dan nggak perlu menginap di tempat lain sampai pada jadwal penerbangannya. Ya gue langsung kepikiran kakak gue dong. Jadwal gue pulang itu harusnya Jumat 15 Jan, tapi kalau gue pulang hari Jumat udah pasti nggak ada yang bisa jemput, gue harus naik taksi online yang ongkosnya lumayan banget bisa buat makan all you can eat. Gue langsung hubungin kakak gue dan tanya kalau misal gue pulangnya hari Sabtu dia bisa jemput atau nggak. Karena kakak gue bilang bisa, langsung lah pas waktunya gue konfirmasi kepulangan, gue minta izin ke tim medisnya untuk minta extend sehari aja dengan alasan yang gue jabarkan barusan. Senengnya, permintaan gue diterima dengan lancar dan tanpa perdebatan apapun.

PULAAANGGG..



Udah dua kali extend dengan kondisi yang jauh membaik dari waktu awal masuk, saturasi dan tensi ok, indera penciuman dan perasa juga udah kembali seperti semula dari sejak seminggu di karantina, tanggal 16 Jan 2021 akhirnya gue selesai melakukan isolasi di Wisma Atlet dengan membawa surat pernyataan diperbolehkan pulang. Gue dijemput sekitar jam setengah 12 siang dan langsung menuju GSI Lab untuk jadwal swab PCR di jam 12.45. Saking lega dan senengnya karena bisa keluar ngeliat jalanan lagi bikin gue tanpa sadar nyengir-nyengir sendiri di perjalanan, padahal masih harus ngelewatin satu tahapan lagi sampai bener-bener dinyatakan sembuh dan negatif.

Sampai di rumah, ibu udah siap menyambut gue, tapi dengan kondisi perabotan yang banyak berhamburan dimana-mana karena lagi proses pembersihan. Jadi setelah gue dinyatakan positif dan berangkat ke wisma, rumah langsung disemprot disinfektan yang disiapin dari tim satgas covid RT tempat gue tinggal. Orang tua dan kucing gue juga langsung diungsiin sementara di rumah kakak gue sampai gue selesai karantina di wisma, bahkan sampai hasil swab PCR gue negatif baru mereka akan pulang. Untuk menghindari bawa virus pulang ke rumah, gue juga langsung mandi, unpack dan semprot disinfektan semua barang bawaan, dan rendam air panas beberapa baju kotor yang nggak sempet dicuci di sana. Gue juga masih mengisolasi diri di kamar sampai hasil PCR gue keluar besok harinya. Jujur nggak nyangka kalau proses nunggu hasil swab kali ini bikin gue super deg-degan nggak kayak biasanya. But thank God, setelah entah berapa kali bolak-balik refresh email, sekitar jam 4.42 sore hasil swabnya keluar dan hasilnya negatif! Huahh.. lega Alhamdulillah.

#DiRumahAja Sebagai Penyintas Covid

Balik ke rumah nggak lantas bikin gue mendadak ngerasa baik-baik aja. Ada kondisi fisik yang harus semakin dijaga, ada tahap recovery yang gue rasa juga masih gue butuhkan. Nggak sedikit temen-temen, bahkan beberapa diantaranya yang juga penyintas Covid bilang ke gue kalau sembuhnya gue ini tetap harus diimbangi dengan asupan yang sehat dan banyak istirahat karena gue bisa jadi akan gampang capek. Akan ada juga gejala lanjutan yang mungkin timbul karena biar gimanapun kondisi dalam tubuh gue terutama paru-paru baru aja mengalami kerusakan. Dan bener sih, selama seminggu di rumah aja, gue kadang suka tiba-tiba batuk dan mual.

Hal baiknya yang patut disyukuri, di seminggu pertama setelah pulang ke rumah, gue masih nggak dibolehin kerja sama tim gue di kantor, bahkan untuk WFH sekalipun. Mereka masih kasih gue waktu lagi untuk istirahat, katanya biar nanti kalau udah mulai kerja, gue udah bener-bener fit. Jujur sempet nggak enak hati tapi seneng juga sih ya nggak muna, udah 2 minggu off terus dikasih seminggu lagi buat istirahat. Alhamdulillah. Di samping tim kerja yang super pengertian ini, gue juga bersyukur banget dikelilingin sama banyak orang baik yang udah bantu dan perhatian sama gue selama gue sakit, bahkan sampai gue udah pulang dan dinyatakan negatif sekalipun. Nggak sedikit yang ngirimin gue makanan, minuman, vitamin, cemilan, buah-buahan, dan berbagai macam kebutuhan yang nggak sedikit jumlahnya, bahkan saking banyaknya bisa dikonsumsi untuk gue sekeluarga. Makasih, makasih banyak orang-orang baik, you know who you are. Apresiasi setinggi-tingginya juga gue berikan untuk semua petugas medis, khususnya para petugas di Wisma Atlet, yang gue tau nggak mudah harus kerja dengan APD dan dikelilingi para pasien Covid. Nggak pernah sekalipun gue sebagai pasien mendengar mereka menjawab segala pertanyaan dan memberikan semua informasi dengan nada tinggi dan nggak niat. Padahal banyak banget pasien yang harus mereka tanganin. Duh, jujur nggak bisa berdoa apapun selain semoga selalu dikasih kesehatan dan perlindungan untuk mereka dan keluarga.

***

Saat sekarang gue nulis ini, banyak hal baik yang pada akhirnya bisa gue syukuri dari apa yang gue lalui selama hampir sebulan ke belakang. Selama ini gue sering ngeluh dan berdoa, gue capek kerja. Bahkan beberapa bulan lalu gue sempet ngerasain klimaksnya kerja sambil nangis saking bingung dan capeknya. Nggak ada yang tau, tiba-tiba gue beneran dikasih istirahat kerja hampir sebulan penuh dengan cara yang nggak pernah masuk dalam ekspektasi gue sebelumnya. Luar biasanya lagi, gue melalui waktu yang nggak sebentar untuk hidup mostly hanya dengan diri gue sendiri selama karantina, yang berhasil bikin gue bahagia dan ngerasa fully recharged sebagai seorang introvert. Berkesempatan untuk bebas melakukan apapun yang gue mau sendirian, bikin hati gue nyaman meskipun dilalui dengan kegiatan yang cenderung monoton dan kadangkala ngebosenin. Gue sangat menyadari bahwa terpapar Covid memang bukan aib dan harus dihindari, kita nggak tau gejala dan efek apa yang akan terjadi di masing-masing orang karena nggak sedikit juga yang sampai meregang nyawa. Tapi, dengan apa yang gue rasakan sejak awal gejala, seperti yang gue tulis di cerita part 1, pasrah dan terima kasih adalah jalan ninjaku untuk bisa ngelaluin semuanya, untuk bisa nikmatin setiap prosesnya. Gue dikasih banyak kemudahan di berbagai kesempatan, dikasih waktu yang lebih dari cukup, dikelilingi perhatian dan kebaikan, dikasih kesehatan untuk orang-orang sekitar, jadi sekarang udah waktunya sadar lagi. Sadar kalau Allah itu akan selalu kasih apa yang kita butuhkan dengan cara terbaik-Nya, sadar kalau ada diri sendiri dan orang-orang terdekat yang perlu dijaga, sadar kalau protokol kesehatan seringkali membatasi banyak hal, but that's the new normal we all need to live in nowadays.

Selamat tahun baru.
Semoga pandemi ini cepat berlalu.
Sehat-sehat kita semua!

You Might Also Like

0 komentar