Icyn-Day Jogja Trip #1

Saturday, November 25, 2017

Bulan Agustus lalu, akhirnya gue berkesempatan untuk melakukan perjalanan nggak begitu singkat yang udah lama banget gue tunggu-tunggu, apalagi kalau bukan liburaaaan. Akhirnya sis! Kenapa kok liburan ini jadi hal yang ditunggu-tunggu? Karena ya namanya juga liburan, siapa sih yang nggak mau? Tapi di samping itu, alasan utamanya sih sebenernya karena liburan kali ini tuh bener-bener yang direncanakan banget, dengan tekad bulat bahwa ini harus beneran direalisasikan jangan sampai cuma berakhir wacana. Semuanya disiapkan matang-matang, bukan cuma dari destinasinya aja, tapi juga dari segi dana dan waktu.

Yogyakarta

No doubt, Jogja menjadi kota utama yang gue pilih sebagai destinasi di liburan kali ini. Ada beberapa alasan yang akhirnya membuat gue menjatuhkan pilihan ke kota yang terkenal sebagai kota pelajar ini. Pertama, budget. Budget pastinya jadi hal yang paling penting sih menurut gue. Kesanggupan kita untuk liburan kan kita sendiri yang tau ya. Jadi semuanya gue pikirkan dan perhitungkan dulu dari awal. Gue percaya bahwa Jogja nggak akan bikin kantong gue terkuras habis ketika gue pulang ke rumah. Sebenernya sih itu tergantung pinter-pinternya gue aja mengatur keuangan selama liburan. Tapi kalau dilihat dari biaya transportasi, makan, wisata, dll, Jogja menurut gue udah pas banget sih. Apalagi gue udah berencana bahwa liburannya nggak mau cuma tiga atau empat hari aja, ya minimal banget seminggu lah. Kedua, punya teman yang tinggal di Jogja. Nah, yang kedua ini masih dalam rangka mendukung alasan yang pertama. Ada sahabat baik gue (sebut aja Icha) yang kosannya bisa gue inapin selama di sana. Jadi ini bisa banget ngepres pengeluaran untuk sewa penginapan. Tapi ini semua juga atas persetujuan yang punya kosan ya. Ketiga, jarak. Entah penting nggak penting, jarak menjadi salah satu alasan yang juga gue pikirkan. Dibanding Jogja, ada sih kota yang bisa juga didatangi dengan lower budget, teman yang tinggal di sana juga ada, tapi rasanya kurang jauh aja. Terus kalau dibilang jauh banget ya juga enggak. Masih di pulau Jawa dan masih terjangkau untuk budget yang nggak seberapa. Keempat, inti dari segala alasan, ya karena memang gue pengen aja sih ke Jogja hehe.

#ICYNDAYJOGJATRIP

Awalnya gue berencana untuk menjadikan ini sebagai solo trip. Tapi entah kenapa jadi gue ceritain ke temen-temen dan malah nanya, "Ada yang mau ikut nggak?" Singkat cerita, terpilihlah (eh.. nggak terpilih juga sih) Icyn sebagai partner liburanku kali ini yang kemudian kita beri tagar #icyndayjogjatrip.

Gagal Berangkat

Gue dan Icyn merencanakan untuk liburan selama kurang lebih dua minggu. Tiket udah dibeli, baju tinggal dimasukin koper, overall semua udah siap. H-1 sekitar pukul 2 pagi, tiba-tiba ibu bangunin gue karena bude katanya nggak ada respon dan mau dibawa ke rumah sakit. Bude adalah sebutan untuk kakak perempuannya ibu. Bisa dibilang, ini adalah bude yang paling deket banget-nget-nget sama gue udah kayak ibu sendirilah pokoknya karena dulu waktu kecil gue sering banget dititipin ke bude gue ini. Jadi waktu ibu tiba-tiba bangunin, gue mendadak langsung sedih gitu. Buru-buru gue ganti baju dan minta ikut ke rumah sakit. Di mobil diem-diem udah nangis aja sebenernya, kepikiran yang aneh-aneh. Sampai di rumah sakit, gue langsung masuk ke UGD untuk liat kondisinya. Ternyata bener nggak ada respon. Matanya melek terus, nggak bisa tidur tapi nggak bisa respon apa-apa juga. Sedih banget deh lihatnya. Di situ gue sempet inget Icyn, nggak tau bakal gimana besok. Ini liburan yang gue tunggu-tunggu banget, rasanya pengen cepet-cepet berangkat. Tapi liat kondisi bude yang kayak gitu, langsung ngerasa jahat aja kalau sampai beneran bakal gue tinggal liburan. Sekitar pukul 3 pagi gue langsung chat Icyn dan langsung direspon aja itu anak belum tidur. Tapi abis itu gue nggak jadi ngomong apa-apa karena beneran ngerasa nggak enak. Gue sampai nanya ke kakak gue baiknya gimana, tapi jawabannya ya nggak kenapa-napa, pergi aja. Akhirnya yakin nggak yakin, gue memutuskan untuk akan tetap pergi.

Siangnya gue ke Tangerang ngurus BPJS, pulang dari situ langsung balik ke rumah sakit lagi karena rasanya mau di situ aja seharian. Makin sore makin banyak tetangga dan saudara yang datang, termasuk salah satu teman baik gue, Sofi, yang sempet gue kabarin juga dari awal bude masuk rumah sakit. Sofi sempet tanya berkali-kali tentang liburan gue ini, beneran gue jadi berangkat? Yang jawabannya selalu gue iyakan. Setelah Maghrib, gue sempat ngobrol-ngobrol ringan sama Sofi di masjid sebelah rumah sakit. Tiba-tiba ibu telfon sambil nangis-nangis dan bilang kalau bude lagi kritis. Gue lari sekenceng-kencengnya balik ke rumah sakit. Sampai di kamar, kondisinya udah hectic banget, semua nangis. Bahkan kayaknya sebelum gue akhirnya sampai di kamar, bude udah nggak ada. Gilak, yang namanya air mata tumpah setumpah-tumpahnya, kaki lemes selemes-lemesnya. Tapi di waktu itu, gue masih sempat minta tolong Sofi untuk hubungin Icyn dan bilang kalau gue nggak akan mungkin berangkat besok, tiketnya di-refund aja nggak perlu reschedule.

Beli Tiket Lagi

Setelah melewati hari-hari penuh kedukaan, mulailah gue kepikiran lagi untuk bisa merealisasikan rencana liburan itu. Apalagi Icyn juga berencana untuk tetap berangkat di tanggal yang masih dia perkirakan. Dengan segala pertimbangan panjang, gue memutuskan untuk ok lah kita berangkat! Icyn pesan tiket lagi buat kita berdua. Keretanya dapet yang sedikit lebih mahal dari yang sebelumnya karena yang paling murah udah full booked. Waktu beli tiket berangkat ini, kita nggak langsung beli tiket buat pulang karena sebenernya kita juga nggak tau pasti mau pulang kapan. Ya kalau bisa mah nggak pulang kali. Tiketnya pun kita beli sekitar seminggu sebelum jadwal keberangkatan dan Alhamdulillah nggak ada halangan sampai akhirnya kita berangkat. Jadi deh nih liburan.